Jumat, 26 Oktober 2012

Kesimpulan Live Event Peluncuran Windows 8

Thank you. Now, you are reading My Special Article for The Article Event of Ied Adha 1433 H and Launching of Windows 8, Article One, The Conclusion of Windows 8 Launching Event-from Live Streaming at Microsoft.com (Kesimpulan dari Event Peluncuran Windows 8-Live Streaming dari Microsoft.com)
Windows 8 diluncurkan kemarin (25 Oktober 2012), jam 10:15 malam (Jakarta) tadi. Ada beberapa hal yang dapat diambil dari peluncuran Windows 8 ini. Mari kita lihat.
Artikel ini dibuat tepat pada Live Streaming Windows 8 Launching Event di microsoft.com, pada jam 10:15 malam (waktu Jakarta, GMT+7). Untuk pembaca blog ini, dapat melihat siaran ulangnya dengan mengklik link ke embed video (internal blog) ini (Anda akan dialihkan ke bagian bawah artikel untuk melihat embed videonya).


Penjelasan oleh Steven Sinofsky
Pada bagian pembukaan, Steven Sinofsky mengatakan bahwa Windows 8 adalah tonggak baru bagi mobilisasi komputer dan pengalaman Windows kapanpun dimanapun. 3 tahun yang lalu, Microsoft telah meluncurkan Windows 7. Dan Windows 7 kini menjadi seri Windows tersukses dalam sejarah Windows. Kini, Windows 7 telah digunakan oleh lebih dari 670 juta orang. Cloud computing adalah hal yang sangat penting dalam menunjang pekerjaan.
Windows 95 adalah seri Windows yang pertama kali memperkenalkan Start Menu, dan pada saat itu tidak ada Internet, email, smartphone, dll. Namun, pada hari ini, dimana kita selalu ter-connect setiap waktu melalui Internet. Cloud-computing adalah hal yang penting untuk menunjang pekerjaan sehari-hari. Contohnya adalah, Windows Live Skrdrive, yang kini telah digunakan lebih dari 200 juta orang.
Windows 8 merupakan Windows yang akan membuat kita mampu memanfaatkan berbagai keadaan yang terjadi pada hari ini. Kita bisa connect dengan pekerjaan kita kapanpun dimanapun, bersosialisasi dengan teman dan rekan kerja setiap harinya.
Windows 8 menyediakan desain dan berbagai fitur baru untuk menunjang kehidupan di masa Internet saat ini. dalam peluncuran ini diumumkan 3 hal penting, yaitu:
  1. Windows 8, dengan fitur touchscreen, berbasis keamanan dan reliabilitas dari Windows 7. Windows 8 ini sesuai dengan berbagai keadaan, seperti ketika bepergian. Windows 8 mampu menghemat baterai lebih dari 13%, mempercepat waktu booting lebih dari 36%, menghemat beban RAM lebih dari 22%, dan mendukung hampir semua perangkat. Windows 8 telah diuji secara keseluruhan di 190 negara di dunia, melalui versi Dev. Preview, Cons. Preview, dan Release Preview.
  2. Windows Store, tempat marketplace aplikasi baru Windows.
  3. Windows RT, merupakan jenis Windows baru yang dapat membuatnya kompatibel dengan tablet berbasis prosesor ARM. Windows versi ini berhasil menunjang pembuatan komputer tablet yang sangat tipis dan ringan, sehingga lebih bisa digunakan kapanpun dimanapun, dengan kekuatan baterai yang tahan lama.
Windows 8 merupakan salah satu alasan munculnya convertible ultrabook, atau tablet yang bisa dijadikan ultrabook, yang cukup powerful untuk menunjang kehidupan sehari-hari. Windows 8 tetap kompatible dengan program yang dijalankan pada versi Windows sebelumnya, karena Windows 8 masih mempertahankan mode Desktop.
Windows Store merupakan kesempatan yang sangat besar bagi para programer untuk mengembangkan usahanya dalam membangun program yang kompatibel dengan touchscreen, berbagai platform seperti ARM, x86, dan x64.
Kembali ke Daftar Isi

Sesi kedua adalah penjelasan penggunaan Windows 8 yang dijelaskan oleh Michael Anguilo dan Julie Larson-Green. Betikut adalah daftar panduannya.
BAG.1: Tablet
19:10-19:25: Picture Password, salah satu cara login ke PC.
19:25-19:30: Semantic Zoom di Start Screen
19:30-19:40: Charms Bar
19:40-19:50: Switch antara berbagai aplikasi Modern-style yang dijalankan
19:50-19:55: Cara menutup aplikasi
20:40-21:10: Melakukan perubahan Lock Screen, Start Screen pada Windows 8
21:10-21:40: Internet Explorer 10
21:45-22:00: Sekilas Menonton film melalui XBOX Video Service.
BAG.2: Windows 7 Ultrabook yang di-Upgrade
22:10-22:50: Penjelasan singkat perubahan penggunaan memori, kecepatan, dan kehandalan Windows 8 vs. Windows 7
23:10-24:00: Desktop
24:10-24:30: Snap antara Desktop dan Weather app
24:30-24:00: Excel 2013 Preview dan Penggunaan SkyDrive
BAG.3: Perkenalan jenis-jenis PC lainnya yang bisa menggunakan Windows 8.
BAG.4: Windows Store
Menjelaskan bagiamana mendownload dan menggunakan aplikasi, cara melakukan search di aplikasi. Dijelaskan cara uninstall aplikasi yang telah diinstall.
Ada penjelasan berbagai aplikasi yang tersedia di Windows Store saat ini.
BAG.5: Aplikasi Built In Windows 8
32:45-33:15: Bing Travel
33:30-33:45: Contoh game dari Windows Store
BAG.6: Microsoft Surface
Penjelasan Thin Touch Cover, yang hanya memiliki ketebalan 3 mm. Dasar penggunaan secara fisik Microsoft Surface.
Kembali ke Daftar Isi


Sesi ketiga adalah penjelasan Windows 8 oleh Steve Ballmer, CEO Microsoft Corp. Menit ke 37.
Windows 8 menggabungkan Microsoft Account sebagai satu kesatuan, dan sebuah keharusan untuk menunjang kehidupan sosial, digital, dan pekerjaan cloud-computing, serta untuk sarana hiburan/entertainment. Microsoft Account dapat menggabungkan berbagai fitur cloud-computing, hiburan, sosial, dll.
Windows 8 juga merupakan Windows yang pertama kali mampu mendukung prosesor berplatform ARM, sehingga Windows 8 kini dapat digunakan dengan tablet. Windows 8 menyediakan Modern UI dengan maksud untuk mempermudah kemampuan dan keakuratan touch agar dapat melaksanakan perintah yang sesuai dengan kemauan kita.
Windows 8 adalah salah satu alasan terbentuknya berbagai jenis inovasi baru berupa ultrabook dan tablet yang dapat digunakan seperti convertible, dengan berbagai cara.
Microsoft telah menyediakan aplikasi-aplikasi terbaik di Windows 8, seperti:
  1. Office 2013
  2. Bing
  3. Bing News, Finance, Travel, Maps, Weather, Sports
  4. Internet Explorer 10
  5. MSN, Outlook.com
  6. Windows Store
  7. SkyDrive
  8. Skype
  9. XBOX Music, Videos, and Games
Windows 8 telah dirancang dengan berbagai aplikasi diatas, agar sesuai dan kompatibel dengan touchscreen. Pihak Microsoft telah mendesain kembali Windows 8 agar mencapai semua hal yang diinginkan tersebut. Internet Explorer 10 adalah salah satu browser yang pertama kali dirancang untuk touch. Bing apps, membuat kita dapat selalu ter-update dengan berita-berita di seluruh dunia. skyDrive dapat menyimpan berbagai foto, video, dan dokumen melalui cloud storage. Skype for Windows 8 dapat membuat kita berkomunikasi dengan orang lain secara tatap muka, secara lengkap, cepat, dan cantik.
Tablet berbasis Windows 8 Pro merupakan tablet yang sangat powerful bagi ahli IT, Programmer, dan Security Agent. Cukup dari tablet tersebut, mereka dapat membuat program-program, merancang keamanan kantor, dll.
Windows Phone 8, saat ini dirancang sesuai denga Windows 8, dengan live Tiles, pengintegrasian Microsoft Account, dan SkyDrive. Hal ini membuat smartphone dapat digunakan untuk bekerja lebih banyak.
Kembali ke Daftar Isi

Berikut ini adalah video event peluncuran Windows 8, yang diembed. (Pastikan Silverlight dan Adobe Flash Player telah terinstal.) Video ini berbahasa Inggris.


Jika Anda belum menginstal Silverlight, maka instal dengan membuka http://go.microsoft.com/fwlink/?LinkID=229320.
Jika Anda belum menginstal Adobe Flash Player, maka instal dengan membuka http://get.adobe.com/flashplayer/.
Jika Anda mengalami masalah dalam menyetel siaran ulang, maka Anda bisa membuka page live event original Microsoft di http://www.microsoft.com/en-us/news/presskits/windows/liveevent.aspx.

Kembali ke Daftar Isi

Peluncuran Windows 8 memang benar-benar terjadi kemarin (25/10/2012), namun tersedianya berbagai jenis PC berbasis Windows 8, akan tersedia pada tanggal 26 Oktober 2012, bertepatan dengan Peringatan Hari Raya Idul Adha 1433 H ini. Saya sebagai Administrator dari The Affan's Computer Tips n Tricks mengucapkan Selamat Hari Raya Idul Adha 1433 H bagi umat Islam yang merayakannya. Terima kasih pula atas kesabarannya menunggu kehadiran Windows 8 di ranah publik. Salam dan Terima Kasih atas Perhatiannya.

Jangan lupa untuk melihat apa yang dikomentari petinggi Microsoft dari Windows 8 (pada masa Preview) melalui artikel "Komentar Petinggi Microsoft tentang Windows 8", masih dalam article event Idul Adha 1433 H dan Sehari setelah Peluncuran Windows 8 ke Ranah Publik. Terima Kasih.

0 comments:

Subscribe: Entri (Atom)
Translate to English, or Search: